top of page

SMPIT GRANADA MELAKUKAN KUNJUNGAN KE BADAN RISET DAN INOVASI NASIONAL (BRIN) SERPONG


SMPIT GRANADA MELAKUKAN KUNJUNGAN KE BADAN RISET DAN INOVASI NASIONAL (BRIN) SERPONG DALAM AGENDA PELAKSANAAN PROGRAM P5 DENGAN TEMA BEREKAYASA DAN BERTEKNOLOGI.

Dalam rangka pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), SMPIT Granada melakukan kunjungan ke Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) KST BJ Habibie Serpong pada tanggal 27 Februari 2023 dengan peserta kunjungan merupakan siswa-siswi kelas VII. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau yang biasa dikenal dengan “P5” merupakan bagian dari kurikulum merdeka yang telah dilaksanaan oleh SMPIT Granada sebagai sekolah penggerak. Kegiatan kunjungan SMPIT Granada ke BRIN/PUSPIPTEK merupakan rangkaian kegiatan dari projek ketiga SMPIT Granada dengan tema “Berekayasa dan Berteknologi” dengan judul projek “Membuat Produk Olahan Bioteknologi Konvensional yang Bermanfaat bagi Kita Semua”. Laboratorium yang dikunjungi yaitu laboratorium Balai Bioteknologi yang merupakan bagian dari unit Balai Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Rombongan SMPIT Granada disambut dengan hangat oleh tim humas BRIN/PUSPIPTEK KST BJ Habibie. Sebelum melakukan kunjungan ke berbagai laboratorium di Balai Bioteknologi, rombongan SMPIT Granada dan tim humas BRIN KST BJ Habibie melakukan kegiatan ceremonial penerimaan tamu di gedung Auditorium Pusat Informasi. Dalam kegiatan tersebut, Ustadz Eko Prasojo,M.Pd. selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMPIT Granada menyampaikan maksud dan tujuan melakukan kunjungan. Ustadz Eko menyampaikan “Kami berharap kunjungan kami pada saat ini bisa menambah dan memperkaya wawasan siswa-siswi kelas VII SMPIT Granada terkait penelitian khususnya pada bidang bioteknologi, dan semoga kelak akan muncul cikal bakal peneliti-peneliti dari SMPIT Granada yang bisa bermanfaat untuk masyarakat Indonesia dan masyarakat dunia”.


Koordinator Humas Kawasan Serpong I, Ibu Arti Juwita menerima sekaligus memberikan paparan pengenalan KST BJ Habibie Serpong. “Selain sebagai resource knowledge, KST BJ Habibie juga merupakan wahana untuk mengembangkan dan mendorong pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan melalui pengembangan, penerapan IIPTEK, dan penumbuhan perusahaan pemula berbasis riset, di mana di dalamnya terdapat 6 Organisasi Riset dan 25 Pusat Riset serta sekitar 6000 sumber daya manusia yang mendukung pelaksanaan riset dan lahirnya inovasi di Kawasan ini”, demikian penjelasan Ibu Arti Juwita dalam paparannya. Selain itu Ibu Arti Juwita juga menyampaikan harapannya semoga dengan kegiatan kunjungan yang dilakukan siswa-siswi SMPIT Granada, akan lahir calon-calon peneliti muda dari SMPIT Granada untuk menyongsong Indonesia Emas 2045.



Setelah acara pengenalan KST BJ Habibie di Auditorium Gedung PI, acara berikutnya adalah kunjungan ke laboratorium bioteknologi yang dipandu oleh tim Humas KST BJ Habibie dan Lab Biotek. Beberapa laboratorium dalam balai bioteknologi yang kami kunjungi yaitu laboratorium kultur jaringan, laboratorium genetik, laboratorium agro mikro, laboratorium analisis kimia, laboratorium pilot plant, ruang fementor, laboratorium hilir, dan beberapa laboratorium lainnya. Alhamdulillah kegiatan kunjungan berlangsung dengan lancar dan kondusif. Siswa-siswi mengikuti rangkaian kegiatan kunjungan dengan antusias dan tertib.

113 views0 comments

Recent Posts

See All

Commenti


bottom of page